YASALTI GELAR SOSIALISASI KEBENCANAAN

kepala BPBD saat memberikan sosialisasi kebencanaan di Kecamatan Kota Waingapu

YASALTI bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sumba Timur, mengadakan sosialisasi penanggulangan bencana. Sosialiasai kebencanaan dilakukan pada 3 kecamatan yang merupakan wilayah dampingan YASALTI, yaitu: Kecamatan Kota Waingapu, Kambera dan Kanatang. Kegiatan ini digelar dari tanggal 23 Januari 2020 – 27 Januari 2020.

kepala BPBD, MIkael Jakalaki dalam sela-sela sosilasasi menuturkan bahwa, “yang paling penting untuk selalu kita lakukan saat ini adalah tindakan pencegahan/preventiv, banyak orang yang sering menyepelekan dalam tindakan pencegahan, sehingga kalau terjadi bencana banyak menimbulkan kerugian harta benda dan korban jiwa”.

Lebih lanjut Mikael mengatakan saat ini musimm hujan telah tiba, kita tahu bersama bencana yang sering disebabkan musim hujan seperti: wabah penyakit DBD, angin kencang, banjir, gelombang tinggi dan lain sebagainya. oleh sebab itu langkah pencegahn harus kita lakukan dengan selalu membersihkan drainase, tidak menebang pohon secara sembarang, membuang sampah dan lain sebaginya.

Direktris YASALTI, Ninu Rambu Wasak Lodang yang juga merupakan fasilitator mengatakan ” Desa/Kelurahan harus mempunyai jiwa kepedulian tanggap isu kebencanaan dengan mengalokasi dana Desa/Kelurahan untuk menncegah terjadinya bencana. Agar Desa/kelurahan bisa mengalokasi dananya terkait kebencanaan sangat penting bapak/ibu mengusulkan kegaiatan pada saat MusrenbangDes/kel. Adapun usulan bisa seperti pembuatan jalur evakuasi. titik kumpul, pembuatan bronjong, pengadaan tanaman mangrove, perbaikan saluran drainase dan lain sebagainya.

ika terjadi bencana saya sangat mengharapkan bapak/ibu bisa mengevakuasi terlebih dahulu kelompok rentan bencana, seperti difabel, anak, lansia dan ibu hamil. Dengan mengevakuasi terlebih dahulu kelompok rentan bencana, maka kita bisa meminalisi terjadinya banyaknya korban jiwa. Tegas Ninu Rambu Wasak Lodang.